Selasa, 06 Maret 2012

Indonesia merupakan negara besar, terbentang luas dari Sabang samapai Merauke dengan beratus suku yang ada, Indonesia mempunyai potensi sumber daya alam dan manusia yang melimpah. Potensi dalam pengembangan sumber daya perikanan, pertanian, pertambangan, perindustrian dan industri kreatif yang merupakan penggerak perekonomian negara, selain itu tidak kalah penting juga dengan sumber daya manusia Indonesia, para generasi muda bangsa ini mempunyai kewajiban dalam turut serta melaksanakan pembangunan nasional yang berkelanjutan. Sebagian dari generasi muda tersebut adalah para mahasiswa seluruh Indonesia, mahasiswa sebagai kaum intelektual seharusnya memiliki kepekaan tinggi terhadap persoalan bangsa, mengkritisi berbagai persoalan yang terjadi di sekitarnya, banyak persoalan yang dihadapi oleh bangsa ini, mulai dari masalah hukum, perekonomian, lingkungan hidup, serta yang sering dibahas juga adalah masalah sosial yang terjadi menyeluruh di bangsa ini.
Ketimpangan sosial di Indonesia telah menjadi sebuah masalah yang kompleks dalam hal penyebab terjadinya dan akibat dari ketimpangan sosial tersebut. Ketimpangan sosial merupakan masalah kehidupan sosial yang didalamnya terdapat hubungan sosial antar masyarakat dan hubungan antara masyarakat dengan pemimpin negara, contoh ketimpangan sosial seperti kemiskinan. Ketimpangan tersebut terjadi karena hubungan tersebut tidak berjalan harmonis atau sejalan. Karena di dalam hubungan sosial yang harmonis adalah terdapat sebuah hasil hubungan yang mempunyai manfaat bersama, dan saling menguntungkan. Oleh karena itu, ketimpangan yang terjadi dalam bangsa Indonesia, salah satu penyebabnya adalah ketidak harmonisan tersebut, hal ini bisa saja terjadi karena komunikasi yang tidak baik antara rakyat dan pemimpin, serta dipengaruhi banyak faktor yang mendukung terjadinya ketimpangan sosial, seperti faktor perekonomian negara, dan lainnya.


Akan tetapi ada suatu permasalah mendasar yang juga mempengaruhi ketimpangan sosial di sekitar kita, yakni persoalan karakter atau kepribadian masyarakat secara umum yang menjadi kebiasaan kurang baik, ini dapat dilihat dalam pola pikir dan prinsip kerja serta sifat-sifat umum masyarakat pada umumnya. Sifat-sifat dasar moral seperti kejujuran, kedisplinan, tanggung jawab dan sebagainya. Permasalahan moral ini sangat mempengaruhi kehidupan seseorang karena akan membentuk suatu watak dan kebiasaan seseorang, sehingga apabila dalam perjalanan hidup seseorang manusia tidak mendapat pendidikan karakter dengan baik, dapat dipastikan mereka akan menjadi pribadi-pribadi yang bermoral-etis kurang baik. Sebagai contoh, kebiasaan mencontek memang dianggap wajar oleh siswa atau pun mahasiswa sekalipun. Padahal, telah disadari bahwa mencontek merupakan tindakan yang tidak terpuji dan merupakan suatu pertanda dari ketidak mampuan seseorang dalam menyelesaikan sesuatu hal. Akan tetapi, seperti yang terlihat saat ini, banyak orang yang menghalalkan mencontek, apabila ditinjau dari filsafat moral atau etika, ini merupakan fenomena keputusan atau tindakan seseorang yang tidak didasari pertimbangan kesesuaian dengan norma dan persetujuan hati nurani. Jadi orang yang mencontek, mempunyai suatu motivasi tertentu, misalkan ingin mendapat nilai A, kemudian orang yang mencontek karena melihat situasi dan kondisi sekitar, misal seseorang berani mencontek karena pengawasan yang lemah, dan hal ini berpengaruh pada seseorang dalam memahami bentuk perbuatan tersebut, yakni mencontek dianggap sebagai sesuatu yang biasa, dan mereka juga melihat dampak secara langsung, yakni berhasil mendapat nilai A, akan tetapi sesungguhnya orang yang mencontek adalah orang yang mengabaikan norma dan hati nurani.
Dari fenomena mencontek tersebut,dapat dikembangkan lagi ke dalam fenomena yang lebih luas lagi, seperti korupsi, serta banyak lagi tindakan yang sangat mengabaikan norma dan hati nurani manusia. Dengan banyaknya pelaku perbuatan-perbuatan yang seperti telah dicontohkan sebelumnya, besar kemungkinan untuk terbentuk suatu kebiasaan masyarakat yang diasumsikan wajar, akan tetapi norma dan hati nurani seseungguhnya telah terabaikan. Kebisaan inilah yang telah menjerumuskan masyarakat pada ketimpangan hidup dan akan berdampak pada sekelilingnya.
Untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan tersebut dirasa sangat sulit, akan tetapi akan lebih baik apabila ada upaya bersama untuk memabangun karakter bangsa secara umum menjadi lebih baik. Dengan perbaikan karakter masyarakat, pendidikan ini bisa dilakukan di mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat hingga lingkungan pendidikan formal atau sekolah. Dengan melakukan pendidikan karakter atau moral sedini mungkin dan secara terus menerus akan menumbuhkan suatu karakter positif yang bisa diharapkan menjadi pribadi yang baik. Dan diharapkan bangsa ini mempunyai generasi muda penerus yang selain potensial dalam bidang keilmuan, akan tetapi berkepribadian yang baik.

Selengkapnya...

Sabtu, 03 Maret 2012

Filsafat India, agama dan budaya menjadi menggenang dan mati karena aturan Islam dan Inggris selama berabad-abad. Dominasi Inggris didahului oleh kekuasaan Islam merubah budaya dan peradaban. Dominasi politik mengakibatkan perbudakan mental India. Orang-orang India ortodoks menciptakan dinding adat istiadat, ritual, upacara dan perbedaan sosial dalam rangka melestarikan pemikiran asli dan budaya mereka. Hal ini karena rasa tidak aman bahwa mereka ingin memiliki dinding tertutup untuk agama mereka. Mereka tumbuh lebih konservatif. Mereka menahan diri dari petualangan berani di alam pikiran. Keinginan untuk pelestarian filsafat lama dan tradisional adalah perhatian pertama mereka. Mereka mendirikan tembok pemisahan, perbedaan dan eksklusivitas. Mereka ingin aman, tertutup dan menyatu. Jika ada yang mencoba untuk memecahkan tembok tertutup mereka, dia disiksa kejam. Mereka menjadi berpandangan sangat sempit. Dalam masyarakat dan agama tertutup ritual, upacara, adat dan tradisi menjadi tertinggi. Orang menjadi kurang introspektif. Di bawah dinding meletakkan semangat mati di India.

Selain itu, orang India mencoba untuk mengkompensasi inferioritas mereka saat ini dengan menyanyikan kemuliaan Veda masa lalu mereka dan filsafat Upanisadik. Mereka berpikir bahwa kitab-kitab kuno dan pikiran mereka kepada kita sistem filsafat yang tertinggi dan bahwa ruang lingkup dan ekstensi mereka begitu luas yang tidak mungkin ada perkembangan dari setiap pemikiran baru. Ide-ide tertinggi dan paling mulia terkandung di dalamnya. Bagaimana bisa setiap pemikiran baru muncul, ketika suatu literatur yang luas dan ekstensif sudah ada dalam pemikiran India? Para pemikir India dipahami bahwa Veda dan Upanisad adalah yang tertinggi, yang terbaik dan terluas di alam filsafat. Mereka begitu luas bahwa sama sekali tidak ada ruang untuk filsafat India tumbuh secara independen. Orang-orang abad pertengahan memandang ke masa lalu untuk panduan. Sikap mereka adalah regresif bukan progresif. Usia abad pertengahan mulai melacak semua kemajuan ilmiah, vis. Aeroplane, bom, mobil, dll, dari Veda. Mu dipahami bahwa semua jenis cabang pengetahuan, vis. Ekonomi, politik, fisika, kimia, teknik, matematika, dll, yang terkandung dalam Veda.


Keutamaan yang menonjol dari Filsafat India Kontemporer

Masa ini adalah masa renaisans. Ini terdiri dalam kebangkitan masa lalu dan evolusi pikiran-pikiran baru dan sistem filsafat. Ada pertumbuhan, sintesis dan evolusi, konsep dan prinsip-prinsip moral dalam pemikiran renaisans. Sedangkan nilai-nilai dasar itu dalam bentuk mentah, pemikiran India modern menciptakan dan nilai-nilai baru yang nyata. Ini mengubah bentuk dan tekstur bahan dari masa lalu. Ini membuka kebenaran kuno. Pemikir modern mempunyai susunan yang baru dari kebenaran-kebenaran yang pokok pada masa lalu, dan mereka juga membuang prinsip-prinsip yang telah banyak diterima, yang mereka anggap menjadi tidak benar dan sampah.
Sementara filsafat India kontemporer adalah pertumbuhan asli, ia memiliki keutamaan dasar tertentu. Karakteristik utamanya adalah sebagai berikut:

1. Sikap positif terhadap dunia
2. Pandangan kosmik dan spiritualistic
3. Pandangan integral dan sintetis
4. Rekonsiliasi theisme dan absolutism
5. Monisme Roh dan Materi
6. Aktivisme diri dan persekutuan rohani
7. Evolusi Supermen atau Kaum Gnostik
8. Pendekatan baru untuk keselamatan
9. Dinamisme, keterbukaan dan katolisitas
10. Kecenderungan Humanistik


#sumber asli adalah buku Contemporary Indian Philosophy karya Rama Shanker Srivastava.
Selengkapnya...

 


Blogger Template By LawnyDesigns