Kamis, 27 Januari 2011

Beberapa hal utama yang kerap dipetuahkan orang tua dalam mendidik anak, antara lain:

1. Berbicaralah selalu dengan dukungan.
Walaupun terlahir dengan IQ yang ‘pas-pasan’, seorang ibu sejatinya terus memacu semangat si anak dengan mengatakan bahwa ia berbakat dan unik.

2. Memberikan dorongan melalui tindakan.
Setiap manusia terlahir dengan kemampuan yang berbeda dan istimewa, dan semua berhak atas pengakuan akan kemampuan yang mereka miliki. Sudah menjadi tugas orang tua untuk membantu anak-anak belajar menghargai kemampuan orang lainkarena dengan begitu mereka akan belajar menghargai betapa kita semua berbeda dan memiliki kemampuan yang berbeda-beda pula.

3. Luangkan waktu bersama mereka.
Saat akan berangkat tidur, sempatkan waktu untuk membacakan dongeng pengantar tidur. Tanpa disadari, walaupun sebentar, hal ini bisa lebih mendekatkan anak pada orang tua. Terlebih lagi bagi ibu yang bekerja dan mereka yang memiliki waktu terbatas untuk berinteraksi dengan sang buah hati.

4. Jangan pernah menunda untuk mengekspresikan kasih saying Anda.
Kecupan, belaian dan ungkapan rindu melalui telepon akan membuat anak nyaman dan merasa keberadaannya diinginkan.

5. Berikan kepercayaan penuh pada anak-anak.
Membiarkan mereka merencanakan sendiri kegiatannya merupakan salah satu wujud bahwa kita sebagai orang tua mempercayai mereka mapu memutuskan apa yang terbaik untuk diri mereka.

6. Rayakan setiap peristiwa penting yang mereka alami.
Siapa sangka perayaan yang dilakukan saat pertama kali si anak mampu menggoreng telur ternyata memacunya menggapai keberhasilan lain yang lebih baik.

Dengan menanamkan rasa kepercayaan diri yang tinggi pada anak, akan membuat mereka tumbuh menjadi pribadi yang menyenangkan dan sosok yang berhasil di masyarakat.


 


Blogger Template By LawnyDesigns